Jumat 08 May 2020 20:40 WIB

Milan dan Inter Ungkap Konsep Baru San Siro

Dua konsep desain ulang San Siro seharga satu miliar euro.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Agung Sasongko
Suasana laga antara AC Milan melawan Genoa di Stadion San Siro, Milan, Itali, Ahad (8/3) malam.
Foto: Daniele Mascolo/Reuters
Suasana laga antara AC Milan melawan Genoa di Stadion San Siro, Milan, Itali, Ahad (8/3) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Klub Italia, AC Milan dan Inter Milan mengungkapkan dua konsep baru Stadion San Siro pada Kamis (7/5). Dua konsep desain ulang San Siro seharga satu miliar euro.

San Siro secara resmi berganti nama menjadi Stadion Giuseppe Meazza pada 1980 lalu. Stadion ini telah menjadi kandang bagi AC Milan sejak 1926 sebelum akhirnya berbagi tempat dengan Inter Milan pada 1947.

Baca Juga

Pada Juni 2019, kedua klub mengumumkan rencana untuk membangun stadion baru untuk menggantikan stadion yang sekarang. Dimana sebagian bangunan asli akan dihancurkan dan sebagian lainnya didesain ulang, termasuk bagian olahraga dan hiburan baru.

"Konsep baru dirancang oleh Populous dan Manica/Sportium menyediakan  retensi bagian dari Stadion Giuseppe Meazza. Nantinya ada kawasan ritel dan olahraga baru yang bisa digunakan selama 365 hari dalam setahun, termasuk adanya 106 ribu meter persegi ruang hijau (hampir dua kali ruang hijau yang dimiliki oleh stadion saat ini)," tulis sebuah pernyataan dilansir dari laman the National.

"Ini akan menjadi pusat untuk kegiatan ritel, olahraga, budaya, rekreasi baik di dalam dan luar ruangan, termasuk lintasan lari, jalur sepeda, gym outdoor, taman skateboard, lima lapangan kecil, museum olahraga. Dimana kebanyakan layanan olahraga akan tersedia secara gratis bagi warga Milan," lanjut pernyataan tersebut.

"Kedua konsep ini akan menghasilkan distrik inovatif yang didedikasikan untuk generasi berikutnya, yang memiliki dampak lingkungan rendah dan berkelanjutan yang tinggi. Sehingga menciptakan tempat pertemuan baru untuk melakukan kegiatan sosial dan rekreasi di lingkungan tersebut," tulis pernyataan.

"AC Milan dan Inter Milan FC percaya kepentingan ini, terutama mengingat momen saat ini untuk memulai proyek investasi satu miliar euro yang bisa menghasilkan ribuan pekerjaan baru dan berfungsi sebagai landasan masa depan dalam pengembangan Milan dan sepak bola Italia," tutup pernyataan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement