Senin 18 May 2020 19:04 WIB

Bupati: Ketersediaan Beras di Banyuasin Surplus

Petani tetap panen dan dilanjutkan tanam sehingga produksi padi Banyuasin surplus

Dalam rangka memacu upaya produksi dan ketersediaan pangan, Bupati Banyuasin Askolani Jasi, menyampaikan kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo laporan pertanaman dari area persawahan di Desa Gelebak Dalam di Kelompok Tani Sinar Tengkabu, Gapoktan Srikuto Parung saat dilakukan video conference beberapa waktu lalu.
Foto: Kementan
Dalam rangka memacu upaya produksi dan ketersediaan pangan, Bupati Banyuasin Askolani Jasi, menyampaikan kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo laporan pertanaman dari area persawahan di Desa Gelebak Dalam di Kelompok Tani Sinar Tengkabu, Gapoktan Srikuto Parung saat dilakukan video conference beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUASIN -- Dalam rangka memacu upaya produksi dan ketersediaan pangan, Bupati Banyuasin Askolani Jasi, menyampaikan kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo laporan pertanaman dari area persawahan di Desa Gelebak Dalam di Kelompok Tani Sinar Tengkabu, Gapoktan Srikuto Parung saat dilakukan video conference beberapa waktu lalu. Di tengah pandemi virus corona, Askolani menyatakan petani tetap panen dan dilanjutkan tanam sehingga produksi padi Banyuasin surplus.

“Hingga saat ini aktivitas pertanian pangan khususnya usaha tani padi sawah masih berjalan normal, ada yang mulai tanam dan di tempat lain masih ada yang panen. Dari total luas lahan sawah di Banyuasin 174.371 hektare, hingga saat ini sudah ada realisasi tanam 202.737 hektare," demikian dikatakan Askolani di Banyuasin, Senin (18/5).

Baca Juga

Ia menyebutkan luas panen padi hingga pertengahan Mei 2020 ini mencapai 135.500 hektare. Selanjutnya terdapat juga pertanaman padi sawah yang belum panen masih seluas 67.237 hektare, panennya hingga bulan September 2020 untuk indek pertanaman (IP) 200 padi sawah di daerah pasang surut. Hingga bulan September juga akan terjadi panen padi sawah lebak 25 ribu hektare.

“Untuk Produksi gabah dari luas panen hingga saat ini sebanyak 701.600 ton GKG (gabah kering giling) atau setara beras sebanyak 456.079 ton. Dilihat dari kecukupan bahan pangan khususnya beras, Kebutuhan masyarakat Banyuasin hingga bulan Mei ini hanya 40.302 ton beras,” beber Askolani.

Dengan demikian, Askolani menegaskan keadaan ini menggambarkan Banyuasin masih mengalami surplus beras sangat signifikan. Terkait harga, pada saat ini harga gabah berkisar Rp 4.200 per kilogram (kg) GKP dan Rp 5.000 per kg GKG. Sedangkan harga beras berkisar Rp 8.300 per kg.

Namun diakuinya ada dua hal yang menjadi catatan penting yang perlu di tingkatkan di masa yang akan datang yaitu produksi yang belum maksimal dan kualitas gabah di tingkat petani yang masih rendah.

“Untuk meningkatkan mutu gabah, kami memerlukan bantuan alat panen yang modern (combine harvester) dan alat pengering gabah (dryer). Panen dengan menggunakan combine memiliki beberapa keuntungan yaitu panen lebih cepat sehingga menghemat tenaga, biaya dan waktu serta mengurangi tingkat kehilangan gabah di lapangan," ujarnya.

Sebagai informasi bahwa di Banyuasin baru tersedia 135 unit combine harvester, tidak sebanding dengan 174.371 hektare luas lahan sawah. Dengan kondisi ini, Askolani menilai petaninya banyak mengalami kesulitan ketika panen. Panen sering terlambat karena hanya menggunakan sabit, dengan perontok gabah menggunakan alat perontok gabah sederhana power thresser.

“Akibatnya tidak sedikit gabah mengalami kerusakan dilapangan karena terlambat panen dan terlambat merontog gabah," cetus Askolani.

Sebelumnya, Mentan Syahrul Yasin Limpo menegaskan dalam menghadapi pandemi Covid-19, pemerintah dan semua pihak terkait harus tetap menjaga ketersediaan pangan. Ada beberapa cara yang dilakukan dalam menghadapi hal tersebut, yakni dengan melakukan percepatan penanaman secara maksimal, mempersiapkan lahan-lahan pertanian yang ada sehingga yang sudah panen disiapkan untuk tanam kembali.

“Daerah harus mempercepat persiapan segala sarana dan prasarana yang mendukung seperti bibit, pupuk, obat-obatan, dan lain sebagainya,” kata Syahrul.

Oleh karena itu, Syahrul meminta semua pihak dapat bergotong royong dan bekerja sama agar ketersediaan makanan masyarakat lebih baik lagi walaupun dikondisi saat ini. “Saya berharap kepada seluruh Kepala Daerah bahu-membahu agar semua aspek pertanian bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi menjelaskan gerakan percepatan tanam ini sesuatu yang tidak bisa ditawar dalam menghadapi ancaman krisis panjang akibat musim kemarau yang diprediksi akan terjadi pada puncak Agustus 2020. Oleh karena itu, Kementan menargetkan luas tambah tanam padi periode April-September 2020 seluas 5,62 juta hektare yang dapat menghasilkan beras sebanyak 15,05 juta ton.

"Pertanaman padi bulan Mei sampai dengan September 2020 harus dioptimalkan agar target luas tambah tanam itu tercapai. Gerakan tanam serentak ini pasti bisa mewujudkan hal tersebut. Jika skema ini berjalan dengan baik, stok beras kita pastikan aman hingga akhir tahun 2020," kata Suwandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement