PM Australia Puji Pengorbanan Muslim Selama Ramadhan

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 22 May 2020 19:20 WIB

PM Australia Puji Pengorbanan Muslim Selama Ramadhan. Perdana Menteri Australia Scott Morrison. Foto: EPA-EFE/Peter Rae PM Australia Puji Pengorbanan Muslim Selama Ramadhan. Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengucapkan terima kasih kepada seluruh Muslim di negaranya karena telah berkorban selama Ramadhan 1441 Hijriyah akibat pandemi wabah Covid-19. Ramadhan tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena ada pembatasan sosial.

Pembatasan sosial itu berupa penutupan masjid dan penghentian pelaksanaan sholat berjamaah di masjid. Kondisi ini juga akan mengakibatkan adanya perubahan perayaan Idul Fitri tahun ini bagi Muslim di Australia.

Baca Juga

"Muslim Australia, seperti semua orang Australia, telah melakukan pengorbanan besar dalam beberapa waktu terakhir. Anda rela melakukan ini dan lebih banyak melindungi satu sama lain, menunjukkan keimanan melalui pengorbanan," kata Morrison dilansir di SBS News, Jumat (22/5).

Morrison juga menyadari, perayaan Idul Fitri kali ini tentu menjadi sangat berbeda. Meski demikian inti hari kemenangan bagi umat Muslim itu tetap sama.

"Pesan Idul Fitri dan memang pesan saya kepada Anda belum berubah, itu salah satu harapan," katanya.

Menurut Morrison, seluruh pemeluk agama di Australia telah bersatu dan mengikuti saran ahli kesehatan sehingga negaranya bisa menang melawan virus yang mengerikan itu. Namun dia juga mengingatkan kepada komunitas Muslim untuk mengunduh aplikasi pelacakan COVID Safe yang sangat penting.

"Jika Anda belum melakukannya, silakan lakukan Idul Fitri ini," katanya.

Morrison juga berterima kasih kepada para pemimpin Muslim karena telah memberi contoh yang baik dalam memimpin komunitas Muslimnya. "Anda sudah sangat membantu. Dan saya tahu itu akan terus dilakukan. Anda membuat perbedaan," katanya.

Morrison berharap Hari Raya Idul Fitri kali ini memberikan semangat kepada mereka yang merayakannya supaya bisa menghadapi masa-masa sulit di masa yang akan datang. "Saya ucapkan terima kasih yang mendalam kepada semua Muslim atas kontribusinya untuk Australia setiap hari," ucapnya.