Ahad 30 Aug 2020 22:42 WIB

Hari Ini, Kasus Positif Covid-19 di Cirebon Bertambah 30

Sebanyak 30 orang pasien baru Covid-19 itu berasal dari latar belakang dan kecamatan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas keamanan memberikan uang titipan kepada keluarga pasien Covid-19 tanpa gejala (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas keamanan memberikan uang titipan kepada keluarga pasien Covid-19 tanpa gejala (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Lonjakan tinggi kasus positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon terjadi hari ini, Ahad (30/8). Selain gencarnya pemeriksaan swab, ketidakdisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan juga menjadi penyebabnya. "Hari ini bertambah 30 kasus (positif Covid-19)," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, Ahad (30/8).

Enny menyebutkan, dari penambahan 30 kasus baru tersebut, hanya empat orang yang dirawat di rumah sakit. Sedangkan sisanya hanya menjalani isolasi mandiri karena tanpa gejala.

Baca Juga

Sebanyak 30 orang pasien baru Covid-19 itu berasal dari latar belakang dan kecamatan yang berbeda-beda. Sembilan orang di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19 karena melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi sebelumnya.

Enny mengatakan, lonjakan kasus baru positif Covid-19 itu disebabkan semakin gencarnya pemeriksaan swab yang mereka lakukan. Dia menyebutkan, hingga saat ini pemeriksaan dengan PCR di kabupaten Cirebon sudah mencapai 14.897 orang.

"(Selain tes swab yang meningkat), penambahan kasus baru juga karena masih banyak masyarakat yang belum disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata Enny.

Sementara itu, dengan penambahan 30 kasus baru tersebut, maka total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon hingga Ahad (30/8) mencapai 228 orang. Dari jumlah tersebut, 135 orang masih dalam perawatan RS/isolasi mandiri, 83 orang selesai isolasi dan sepuluh orang meninggal dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement