Ahad 01 Nov 2020 15:59 WIB

Iran Tawarkan Bantuan kepada Turki untuk Korban Gempa

Iran siap mengirimkan segala jenis bantuan yang dibutuhkan Turki

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Bendera Iran
Foto: Tehran Times
Bendera Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Presiden Iran Hassan Rouhani menyampaikan belasungkawa kepada Turki atas terjadinya gempa berkekuatan 6,6 skala richter di Laut Aegean pada Jumat lalu (30/10). Dia mengatakan Iran siap mengirim segala jenis bantuan yang dibutuhkan.

"Pemerintah Republik Islam Iran menyatakan kesiapannya untuk mengirimkan segala jenis bantuan dan bantuan medis serta bantuan kepada orang-orang di daerah yang dilanda gempa," kata Rouhani dalam pesannya yang ditujukan kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dikutip laman Anadolu Agency pada Sabtu (31/10).

Baca Juga

Sedikitnya 26 orang telah dilaporkan tewas dan lebih dari 800 lainnya luka-luka akibat gempa pada Jumat lalu. "Gempa bumi di Izmir yang menewaskan dan melukai banyak orang terkasih di wilayah itu sangat menyakitkan kami," ujar Rouhani.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif telah terlebih dulu menyampaikan simpati mendalam dan belasungkawa atas bencana gempa di Turki. Hal itu dia sampaikan dalam sebuah pesan kepada Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu. Dalam pesannya, Zarif turut menekankan tentang kesiapan Iran memberikan segala jenis bantuan.

Gempa yang terjadi pada Jumat lalu tidak hanya mengguncang Turki. Bulgaria, Yunani, dan Makedonia Utara turut merasakan getaran dari gempa tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement