Ahad 15 Nov 2020 05:16 WIB

Lima Kebiasaan yang Wajib Ditanamkan pada Anak

Ada beberapa kebiasaan yang perlu ditanamkan kepada anak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Muhammad Hafil
Lima Kebiasaan yang Wajib Ditanamkan pada Anak. Foto ilustrasi: Anak-anak bermain sepeda di Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) di Taman Merjosari, Malang, Jawa Timur, Kamis (5/11/2020).
Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Lima Kebiasaan yang Wajib Ditanamkan pada Anak. Foto ilustrasi: Anak-anak bermain sepeda di Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) di Taman Merjosari, Malang, Jawa Timur, Kamis (5/11/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak mengalami serangkaian perubahan selama masa pertumbuhan mereka. Di antara berbagai faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan mereka, baik kesehatan maupun kepribadian, adalah lingkungannya.

Orang tua terbukti menjadi salah satu pengaruh paling menonjol bagi mereka. Karenanya peran orang tua dalam pembentukan karakter anak sangatlah penting. Melansir laman Times Now News, Ahad (15/11) berikut lima kebiasaan baik yang harus diajarkan orang tua pada anak.

Baca Juga

1. Mendorong makanan penuh warna

Makanan yang penuh warna mengacu pada piring yang padat nutrisi dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh anak-anak di masa pertumbuhan mereka. Orang tua dapat mengolah sayur, buah menjadi lebih menarik sehingga anak tertarik menyantapnya.

2. Membaca

Menanamkan kebiasaan membaca pada anak bukanlah perkara gampang. Anda dapat mendorong kebiasaan ini dengan mengajak anak membaca cerita pada siang hari atau sebelum tidur. Cobalah untuk memilih buku yang menarik secara visual agar menarik bagi anak Anda.

3. Menjadi aktif secara fisik

Dengan teknologi yang terus berkembang dan berubah serta pandemi yang melanda, aktivitas fisik anak tentu berkurang. Ketidakaktifan fisik ini dapat menyebabkan berbagai masalah seperti lemahnya penglihatan, obesitas, gangguan perhatian, dan sulit tidur. Anda dapat menghindari ini dengan mendorong anak-anak Anda untuk melakukan latihan fisik di rumah maupun permainan otak untuk membantu pertumbuhan kognitif.

4. Mengembangkan hobi

Hobi memainkan peran penting dalam membentuk kepribadian orang. Dorong anak Anda untuk mengeksplorasi pilihan mereka dan menemukan sesuatu yang benar-benar mereka sukai. Hobi dapat memberikan dampak positif pada pikiran, sehingga memudahkan anak Anda untuk bersikap optimis.

5. Tetap terhidrasi

Konsep hidrasi masih sering disalahartikan oleh kebanyakan orang. Minuman berperisa tidak bisa digunakan sebagai pengganti air putih. Karenanya penting untuk mengajari anak dalam mengembangkan kebiasaan minum air setiap harinya.

Sumber:

https://www.timesnownews.com/health/article/childrens-day-5-healthy-habits-every-parent-should-teach-their-kids/681611

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement