Ahad 05 Dec 2021 11:11 WIB

Biden dan Putin akan Gelar Pertemuan Via Video

Biden dan Putin akan membahas situasi yang menegangkan di Ukraina.

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Presiden AS Joe Biden, kanan dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Biden dan Putin akan membahas situasi yang menegangkan di Ukraina pada Selasa (7/12).
Foto: AP/Denis Balibouse/Pool Reuters
Presiden AS Joe Biden, kanan dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Biden dan Putin akan membahas situasi yang menegangkan di Ukraina pada Selasa (7/12).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan menggelar sambungan video pada Selasa (7/12). Kedua pemimpin itu dijadwalkan akan membahas situasi yang menegangkan di Ukraina.

"Biden akan menekankan kekhawatiran AS mengenai aktivitas militer Rusia di perbatasan dengan Ukraina dan menegaskan kembali dukungan Amerika Serikat pada kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina," kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki, Sabtu (4/12).

Baca Juga

Ia menambahkan topik-topik lain yang akan dibahas dalam pertemuan itu antara lain 'stabilitas strategis, siber dan isu-isu kawasan'. Kremlin mengatakan keduanya juga akan membahas hubungan bilateral dan implementasi kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan di Jenewa pada Juni lalu.

"Pembicaraan akan digelar pada Selasa, hubungan bilateral, masalah Ukraina dan realisasi kesepakatan yang dicapai di Jenewa merupakan (item) utama dalam agenda," kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Kedua belah pihak tidak mengungkapkan waktu persisnya pembicaraan itu akan digelar.

Diyakini Rusia menumpuk 94 ribu pasukannya di dekat perbatasan Ukraina. Pada Jumat (3/12) lalu Menteri Pertahanan Rusia Oleksii Reznikov mengatakan berdasarkan informasi intelijen Moskow merencanakan penyerangan militer skala besar pada akhir Januari.

Pemerintah AS mengatakan mereka juga mencapai kesimpulan yang serupa. Sementara itu Biden menolak permintaan Rusia untuk jaminan keamanan di kawasan.

"Ekspektasi saya, kita akan melakukan diskusi yang panjang dengan Putin, saya tidak menerima batasan siapa pun," kata Biden pada wartawan Jumat lalu.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement