Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Doni Bastian

Mengapa Harus Ganti Oli Motor Secara Periodik

Teknologi | Monday, 14 Feb 2022, 23:25 WIB

Mengapa oli motor harus diganti secara berkala?

Untuk merawat mobil dengan baik, mengganti oli sepeda motor secara berkala adalah pekerjaan yang sangat diperlukan. Mengapa mengganti oli akan membantu mesin sepeda motor anda berjalan lebih baik?

Mari kita cari tahu alasannya!

Selama operasi, oli sepeda motor Anda akan mengikat kotoran, yaitu serbuk besi karena adanya gesekan mesin. Jika oli dibiarkan dalam waktu lama dan tidak segera diganti, maka akan menyebabkan endapan tersebut menumpuk di mesin, yang dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan pada mesin Anda.

Jadi Anda perlu mengganti oli untuk menyaring residu dan kotoran di dalam oli. Selain itu, ada beberapa merk oli yang saat ini mengandung bahan aditif dan dispersan yang dapat membantu membersihkan residu lengket pada mesin Anda.

Setelah beberapa waktu, komponen aditif dalam oli sepeda motor Anda akan aus: seperti pembersihan, anti oksidasi, mencegah reaksi kimia akibat lingkungan, mesin anti aus,

Namun demikian, jika dibiarkan lama, maka komponen aditif ini akan mengalami perubahan sifat yang akan sangat merugikan mesin anda. Jadi sebaiknya ganti oli secara berkala untuk memastikan bahwa komponen aditif dalam oli selalu memadai untuk melindungi mesin. .

Alasan lainnya, mungkin sudah banyak yang tahu. Oli adalah merupakan komponen yang mencuci permukaan detail mesin.

Saat mesin hidup, permukaan mesin akan menghasilkan gesekan yang akan membuat mesin aus, dan tugas oli adalah melumasi permukaan mesin untuk mengurangi keausan gesekan antar bagian mesin, dan mencegah keausan mesin. Oleh karena itu, Anda harus mengganti oli secara berkala untuk lebih melindungi mesin.

Jika Anda memperpanjang pemakaian oli untuk waktu yang lama, itu akan menyebabkan bagian-bagian mesin mulai saling bertabrakan, menciptakan ketidakseimbangan pada mesin dan menimbulkan panas.

Selain itu, juga lebih banyak konsumsi bahan bakar, beban mesin lebih berat sehingga dapat menyebabkan kerusakan. Anda harus mengganti oli secara berkala tergantung pada kondisi mobil Anda untuk memastikan kesehatan kendaraan anda.

Oli berteknologi tinggi

Saat ini di pasaran terdapat sejumlah minya pelumas berteknologi tinggi yang selain membantu melindungi mesin sepeda motor Anda, juga membantu mendinginkan mesin sepeda motor Anda dan menghemat bensin.

Selain itu, memilih oli yang tepat untuk sepeda motor Anda juga merupakan bagian dari membantu "kendaraan" Anda tetap dalam kondisi kesehatan yang stabil, tahan terhadap berbagai kerusakan mesin.

Saran

Saat mengganti oli, Anda harus memeriksa kemasan dan label dengan cermat, untuk menghindari penggantian oli palsu dengan kualitas yang salah. Anda harus pergi ke pusat-pusat penjualan oli sepeda motor terkemuka dan berkualitas yang terdekat dengan tempat tinggal anda.

Rekomendasi Oli motor Matic Terbaik adalah merk X-Ten. Mengandung bahan Esther yang dapat melindungi mesin motor anda, pemakaian oli tahan lama, tarikan mesin enteng, umur mesin awet dan hemat BBM.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image