Bubur Kuning Pekojan Jadi Menu Spesial Buka Puasa di Hotel Mercure Jakarta Batavia

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 05 Apr 2022 15:25 WIB

Bubur kuning pekojan dihidangkan ketika waktu berbuka puasa di Malaka Restaurant, Mercure Jakarta Batavia, Senin (4/4/2022). Foto: Prayogi/Republika. Bubur kuning pekojan dihidangkan ketika waktu berbuka puasa di Malaka Restaurant, Mercure Jakarta Batavia, Senin (4/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bubur kuning pekojan diangkat menjadi menu spesial buka puasa di Hotel Mercure Jakarta Batavia. Bubur ini merupakan sajian khas yang pertama kali diperkenalkan oleh orang-orang Hadramaut yang datang dan kemudian menetap di Indonesia, khususnya di kawasan perkampungan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

General Manager Hotel Mercure Jakarta Batavia, Djati Asmara Wijaya, mengatakan bahwa Mercure Hotels selalu berkomitmen menghadirkan makanan-minuman lokal. Bubur kuning pekojan dipilih karena Mercure Jakarta Batavia terletak di area Kota Tua, tak jauh dari Pekojan.

Baca Juga

"Selama Ramadhan, selain ada menu yang tersedia di semua Accor Group, yaitu itik berempah, kicak, dan colenak, kami secara khusus memperkenalkan juga bubur kuning pekojan sebagai makanan yang berasal dari area sini," kata Djati di Jakarta, Senin (4/4/2022) malam.

Menurut Djati, saat ini bubur kuning pekojan sudah sangat jarang ditemukan, bahkan banyak orang yang tak pernah mencicipinya sama sekali. Dengan mengangkat bubur kuning pekojan di Hotel Mercure Jakarta Batavia, dia berharap sajian tersebut bisa kembali populer dan tidak akan punah.

"Kami di sini ingin memperkenalkan kembali, mempromosikan sajian lokal khas sini kepada lebih banyak orang terutama generasi muda," kata Djati.

Terpopuler