Jumat 22 Jul 2022 22:54 WIB

Kecelakaan di Taiwan, PMI Indramayu Koma Satu Bulan

BP3MI Indramayu masih mencari informasi keluarga PMI di Indonesia.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) perempuan atau TKW asal Kabupaten Indramayu, Castina, dikabarkan mengalami koma di rumah sakit Taiwan.
Foto: Wikipedia
Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) perempuan atau TKW asal Kabupaten Indramayu, Castina, dikabarkan mengalami koma di rumah sakit Taiwan.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) perempuan atau TKW asal Kabupaten Indramayu, Castina, dikabarkan mengalami koma di rumah sakit Taiwan. Kondisi itu dialami Castina akibat mengalami kecelakaan saat mengantar majikannya.

Peristiwa yang menimpa Castina itu terungkap dari video yang viral di media sosial. Castina disebutkan sudah mengalami koma selama satu bulan. Castina dikabarkan mengalami kecelakaan di wilayah Kaohsiung Taiwan, beberapa waktu lalu. Saat itu, PMI tersebut sedang membawa majikannya, yang menggunakan kursi roda, ke rumah sakit.

Baca Juga

Kepergian mereka ke rumah sakit dimaksudkan untuk pemeriksaan rutin sang majikan. Namun, Castina dan majikannya mengalami kecelakaan. Keduanya dikabarkan tertabrak oleh sebuah kendaraan taksi.

Akibat kecelakaan tersebut, majikan Castina dikabarkan meninggal dunia. Begitu pula dengan sopir taksi yang menabrak mereka. Sedangkan Castina, selamat meski mengalami luka-luka hingga koma di rumah sakit.

Saat dikonfirmasi mengenai kabar tersebut, Staf Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Jabar Wilayah Indramayu, Sekar, mengakui, sudah mengetahui kejadian yang dialami oleh Castina di Taiwan sejak dua hari yang lalu. ‘’Kami juga mendapat kabar mengenai kondisi Castina itu dari media sosial,’’ kata Sekar, Jumat (22/7/2022).

Sekar mengatakan, setelah memperoleh kabar mengenai kondisi Castina dari media sosial, pihaknya langsung berusaha melakukan penelusuran. Pasalnya, di video yang viral di media sosial itu tidak disebutkan mengenai identitas maupun alamat lengkap dari Castina.

‘’Hanya disebutkan asal Indramayu,’’ terang Sekar.

Sekar mengatakan, menurut kabar yang beredar juga disebutkan bahwa Castina sudah dalam penanganan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei. Untuk itu, pihaknya pun sudah melakukan koordinasi dengan BP2MI Pusat dan KDEI.

‘’Tapi memang belum ada informasi yang kami terima,’’ tukas Sekar.

Meski demikian, BP3MI Provinsi Jabar Wilayah Indramayu terus berusaha melakukan penelusuran. Terutama untuk mengetahui identitas maupun alamat lengkap keluarga Castina di Kabupaten Indramayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement