Rabu 03 Aug 2022 20:32 WIB

IdEA: 11 Juta UKM Baru Masuk E-Commerce

Lewat e-commerce, UKM memiliki peluang besar memanfaatkan ekonomi digital di daerah.

Warga memilih barang belanjaan melalui situs belanja daring di Jakarta (ilustrasi). Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) mencatat terdapat 11 juta Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergabung dalam e-commerce sejak Mei 2020 hingga Juni 2022.
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Warga memilih barang belanjaan melalui situs belanja daring di Jakarta (ilustrasi). Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) mencatat terdapat 11 juta Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergabung dalam e-commerce sejak Mei 2020 hingga Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga menyebut, terdapat 11 juta Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergabung dalam e-commerce sejak Mei 2020 hingga Juni 2022.

"Saat pandemi, kami mendukung UKM untuk on boarding bersama platform digital, di mana anggota idEA bersama pemerintah menggencarkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang fokusnya adalah meningkatkan kesadaran hingga ada 11 juta UKM baru di e-commerce," kata Bima secara virtual, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga

Bima menyampaikan, dengan masuk ke dalam e-commerce, UKM memiliki peluang besar memanfaatkan ekonomi digital di wilayahnya masing-masing dan peningkatan peluang di tengah krisis global. Kendati demikian, akses teknologi masih menjadi tantangan bagi UKM dalam memanfaatkan peluang lewat ekonomi digital.

Tantangan lain yakni permodalan, investasi, akses pasar, dan keterampilan manajemen dan bisnis."Padahal ini sangat dibutuhkan UKM dalam bertahan di tengah pandemi," ujar Bima.

Pada kesempatan tersebut, Bima juga memaparkan, kondisi global saat ini tidak menentu dan didukung kondisi geopolitik akan terdampak satu sama lain. Namun, peran e-commerce terhadap ekonomi digital masih tumbuh dari waktu ke waktu, yang tecermin dari nilai transaksi pada 2021, ekonomi digital membukukan transaksi 53 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 700 triliun.

"Kita sendiri idEA menjadi salah satu campaign manager untuk Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) setiap 12/12, di mana logistik sibuk sekali pada saat itu," ujar Bima.

Adapun di Harbolnas dari tahun ke tahun terus tumbuh, seperti pada 2020-2021 yang tumbuh 56 persen."Jadi memang pertumbuhan ini menjadi fundamental bagaimana e-commerce itu masih tumbuh dari tahun ke tahun," ujar Bima.

Menurut Bima, peran e-commerce tiga tahun ke depan masih akan mendominasi yakni pada 2025 dengan nilai transaksi diperkirakan mencapai 104 miliar dolar AS atau hampir Rp 1.400 triliun. Dengan nilai tersebut, e-commerce berkontribusi 5 persen dari Produk Domestik Bruto (GDP).

Bima berharap, kontribusi e-commerce dapat terus tumbuh dan berkontribusi lebih dari 10 persen di 2025.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement