Ahad 07 Aug 2022 21:15 WIB

Pengusaha Yakin Industri Tekstil Indonesia Masih Menjanjikan

Pameran edisi ke-18 itu akan menghadirkan lebih dari 130 peserta.

Rep: Novita Intan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pengusaha Yakin Industri Tekstil Indonesia Masih Menjanjikan (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Pengusaha Yakin Industri Tekstil Indonesia Masih Menjanjikan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) meyakini industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional masih mempunyai masa depan yang cerah pasca pandemi. Digelarnya pameran TPT Indo Intertex-Inatex 2022 pada 10-13 Agustus 2022 semakin industri ini menjanjikan.

Ketua Umum API Jemmy Kartiwa Sastraatmaja mengatakan diadakannya pameran Indo Intertex-Inatex tahun ini akan memicu optimisme dan minat investasi pada kalangan pelaku usaha TPT nasional pada masa pasca pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Kami juga berharap diselenggarakannya acara ini semakin menggaungkan semangat bahwa industri TPT bukan industri sunset serta masih memiliki masa depan yang panjang dan cerah," ujarnya dalam keterangan tulis, Ahad (7/8/2022).

Pameran Indo Intertex-Inatex 2022 akan kembali diselenggarakan secara luring di Jakarta International Expo setelah tertunda dua tahun akibat pandemi Covid-19. Pameran edisi ke-18 itu akan menghadirkan lebih dari 130 peserta dari 16 negara Asia dan Eropa yang menampilkan produk dan inovasi teknologi dari mesin tekstil dan garmen, bahan baku, mesin digital printing, kimia tekstil, aksesoris serta produk tekstil lainnya.

 

Sementara itu Project Director PeragaExpo Paul Kingsen, selaku penyelenggara Indo Intertex-Inatex 2022, mengatakan industri tekstil dan pakaian jadi merupakan sektor manufaktur yang mencatatkan pertumbuhan paling tinggi dan berperan penting dalam perekonomian nasional.

Berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, industri tekstil dan pakaian sebagai satu dari lima sektor manufaktur yang sedang diprioritaskan.

"Dengan digelarnya Indo Intertex-Inatex 2022, Peraga Expo optimistis industri TPT nasional akan berkembang secara berkelanjutan dan berperan dalam kemajuan perekonomian Indonesia," ucapnya.

Menurut dia, pameran Indo Intertex memainkan peran penting sebagai platform yang kredibel untuk merintis dan memimpin transformasi sektor tekstil dan garmen lokal dengan memperkenalkan teknologi baru dari dunia.

Mesin dan aksesoris industri yang dipamerkan memungkinkan perusahaan untuk melakukan transisi lebih cepat ke Industri 4.0 tanpa banyak kerumitan. Meski menjadi salah satu produsen pakaian jadi yang unggul dunia, hingga 2021 Indonesia masih belum dapat masuk dalam ranking 10 besar produsen TPT dunia.

Sebelumnya, pada 2017-2020 Indonesia sempat termasuk negara eksportir pakaian jadi terbesar di dunia. Berdasarkan TexfilesBD, saat ini, negara yang paling unggul dalam ekspor TPT (termasuk ekspor produk mesin) didominasi oleh negara-negara Asia yakni China, Jerman, Bangladesh, Vietnam, India.

Dalam konteks Asia maupun dunia, Indonesia dinilai masih harus berjuang mendorong peningkatan daya saing untuk dapat bersaing lebih baik lagi dengan negara-negara pesaing tersebut. Peningkatan daya saing tersebut dilakukan melalui dorongan perbaikan regulasi serta pembenahan industri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement