Pengendara Banyak Melanggar, Tanda Kesadaran Tertib Berkurang

Aparat kepolisian memeriksa kelengkapan surat kendaraan pengendara motor saat menggelar operasi Zebra Jaya 2014 di Jalan Margonda Raya, Depok, Jumat (28/11). (Republika/Raisan Al Farisi)
Rep: C96 Red: Winda Destiana Putri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya telah menilang banyak pengemudi kendaraan bermotor yang melanggar dalam Operasi Zebra Jaya 2014. Hal ini memperlihatkan masyarakat Jakarta dan sekitarnya kurang memiliki kesadaran tertib berlalu lintas yang baik.

"Kesadaran masing kurang," ujar Kasie Tatib Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Jito saat ditanyai ihwal kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat kepada Republika di Mapolda Metro Jaya, Selasa (2/12).

Ia mengatakan, masih banyak pengemudi kendaraan bermotor yang melanggar peraturan lalu lintas di Jakarta.

Menurut Jito, melawan arus lalu lintas dan menaik-turunkan penumpang sembarangan lah yang mendominasi pelanggaran. "Pelanggaran paling banyak lawan arus, untuk roda dua," terang Jito.

Karena itu, lanjut dia, polisi terus berjaga di titik-titik yang sering terjadi pelanggaran, yakni di sekitar perempatan jalan. "Yang mengalami kepadatan," katanya memberitahukan titik polisi bertugas itu.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menilang 3.930 kendaraan bermotor yang melanggar dalam Operasi Zebra Jaya 2014 pada hari pertama, Rabu (26/11). Operasi Zebra ini dilakukan untuk penegakkan hukum.

 
Berita Terpopuler